Ririn Paris

Just my simple blog

Les privat

Ini suatu hal yang paling tidak di sangka.
Saya mendapt job untuk memprivat teman kuliah saya. Lebih tepatnya kakak tingkat saya. Padahal saya gak terlalu kenal. Entah kenapa saya merasa kurang tepat untuk menyebut ini bisnis. Kenapa? Entahlah rasanya kurang sreg aja.
Berawal dari satu kelompok les dan sekarang saya sedang memprivat 2 orang. Yang satu seangkatan, dan yang satunya kakak tingkat. Awalnya saya tidak kenal 2 orang tersebut. 2 orang tersebut mengenal saya dari kelompok yang saya privat.
Kalo bisa di bilang ini kekuatan “contong to contong” alias dari mulut ke mulut.
Les privat bagi saya merupakan hal yang sulit. Dimana kita harus berhadapan dengan orang yg kita privat,jaga sikap. Istilahnya langsung ketemu customer. Les privat juga harus belajar nih.
Kalo temen2 punya kelebihan atau otak yang encer bisa juga buat les privat.
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
1. Hargai mereka
hargai mereka sebagai teman. Jangan anggap remeh mereka. Secara tidak langsung saat kita memprivat berarti kita lebih pinter dari mereka. Tapi tetap perlu di ingat jangan pernah anggap remeh mereka.
2. Tarif
pasang tarif yang sesuai.
Awalnya saya sembarang untuk terima privat. Tapi setelah saya tanya ke teman2 tarif yang saya buat terlalu murah. Tapi gak masalah bagi saya, kan masih baru.
Survey tarif yang di pasang.
3. Customer oriented
bagi saya uang no.2. Yang terpenting alias no.1 adalah teman saya paham dengan apa yang saya ajarkan. Walaupun ada tarif, tetap utamakan customer. Tarif yang saya pasang juga karena saya lihat tarif yang di pasang teman2 saya..
4. Belajar
belajar dulu sebelum privat. Kalo bisa cari cara2 ngerjain tugas yang cepat, metode penalaran.
Hal2 yang saya tulis di atas lebih kepada les privat pribadi
Tetap semangat!!!

Filed under: Celotehan, ,

Tinggalkan Balasan

